Pendakian Gunung Sumbing Via Jalur Lama Kledung

Gunung Sumbing mempunyai ketinggian 3371 mdpl. pendakian gunung Sumbing bisa dilalui melalui jalur kledung. Pendakian gunung sumbing melalui Dusun Garung, Desa Butuh, Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo dapat dapat ditempuh melalui jalur baru maupun jalur lama. Panjang rute pendakian gunung Sumbing ini kurang lebih 7 km. Lama pendakian tiap orang berbeda beda antara 6 sampai dengan 8 jam untuk sampai puncak.
peta jalur gunung sumbing via kledung

Baca juga : Mendaki Gunung Semeru

Kilometer pertama jalur lama

Pada pendakian gunung sumbing melalui jalur kledung ini anda akan menempuh jalan bebatuan dari gapura Dusun garung sampai dengan perempatan Dusun Garung dan POS 1 Jalur lama. Pada jalur ini anda bisa menggunakan fasilitas ojek atau berjalan kaki untuk pemanasan sebelum muncak. Kalo aku kemaren pake mobil :v .
foto sebelum muncak gunung sumbing

Kilometer dua dan tiga jalur lama

KM II dan III Jalur lama dari perempatan lurus pertigaan belok kiri, lurus menanjak, terus landai, melalui jalur bebatuan yang ditata rapi. atau dari Masjid Al Mansyur belok kiri langsung menanjak. Setelah itu anda akan melewati jalur landai yang terdapat ladang petani milik warga sekitar. Anda akan terus melewati lahan pertanian milik warga tersebut hingga mencapai kilometer 3 yang ditandai oleh kawasan bosweisen.

Kilometer empat jalur lama

KM IV dari perbatasan hutan dan ladang petani yang disebut bosweisen sampai kawasan genus. Pada jalur ini kondisi jalan tanah liat dan tanah merah berpasir. Di kanan kiri jalan terdapat rerumputan dan pepohonan kecil. Pada jalur ini tidak terlalu menanjak jadi bisa gas pooool :D
gambar pos genus pada gunung sumbing

Kilometer lima jalur lama

KM V pendakian gunung sumbing melalui jalur kledung dimulai dari tanjakan yang cukup tajam di bukit genus sampai seduplak roto dengan kondisi jalannya tanah merah dan berpasir. Pada jalur ini keseluruhan rutenya merukan tanjakan yang cukup tajam jadi bersiaplah untuk mengencangkan ikat pinggang anda karen penderitaan akan segera dimulai haha :v . Di seduplak roto anda bisa melakukan camp untuk berstirahat dan melepas rasa capek :D .
gambar seduplak roto pada gunung sumbing

Kilometer enam jalur lama

KM VI dimulai dari seduplak roto menuju kawasan pestan yang mana pada kawasan ini merupakan bertemunya jalur lama dengan jalur baru. Pestan merupakan kawasan yang hampir keseluruhannya rerumputan dan hanya ada beberapa pohon kecil disekitarnya. Pada jalur ini kondisinya berpasir dan tanah merah, badai ditempat ini sering terjadi dan cukup berbahaya. Setelah itu anda akan mencapai Pasar Watu dengan ditandai jalan penuh batu dan ada dinding batu di depannya. Pada saat saya ke sana sudah ada "plang" yang menunjukkan daerah tersebut pasar watu. Setelah itu anda ambil jalan ke kiri menurun jangan ambil yang lurus karena yang lurus itu merupakan jalan buntu. Anda akan menyusuri wilayah dinding batu sampai di watu kotak. Kondisi jalannya berbatu dan tanah merah.
gambar pestan pada gunung sumbing
gambar watu kotak pada gunung sumbing

Kilometer tujuh jalur lama

KM VII dimulai dari watu kotak anda akan mendaki melewati jalan yang penuh dengan batuan kecil "kerikil" dan cukup licin sampai tanah putih. Setelah tahan putih anda akan menemui percabangan yangmana jika anda lurus akan mencapai puncak buntu atau belok ke kanan untuk mencapai puncak kawah gunung sumbing.

puncak kawah gunung sumbing
persimpangan jalur ke puncak kawah dan puncak buntu
foto narsis dari puncak kawah gunung sumbing
Demikianlah ringkasan pendakian sumbing melalui jalur kledung semoga bermanfaat. :D
Selamat mendaki guys :D . Utamakan KESELAMATAN bukan KECEPATAN karena mendaki itu bokan soal KECEPATAN MENCAPAI PUNCAK akan tetapi mendaki adalah KEBERSAMAAN TUK MENCAPAI PUNCAK. :D
Spesial thanks kepada guru mendaki saya Fikri Setyo Gusti :D

Disclaimer !

Teks di atas adalah postingan sharing semata. Seluruh media yang tersedia di Cah Bantul ini hanyalah untuk berbagi wawasan dan info update terkini. Apabila ada kesamaan nama, alamat atau juga hal lain dalam postingan harap dimaklumi menimbang informasi digital adalah bentuk sosial media yang menjadi konsumsi publik, bukan sebagai hak milik.

Berlangganan Update via Email:

2 Responses to "Pendakian Gunung Sumbing Via Jalur Lama Kledung"

1. Bagus bro tulisan nya lumayan lengkap

2. Kalo ada yang butuh peralatan hiking , camping atau peralatan outdoor lain nya bisa intip tinggal intip aja ya ...