Tuesday, 7 February 2012

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Laptop anda tidak jauh berbeda seperti sebuah mobil pribadi. Semakin sering anda memakainya, semakin sering pula anda harus merawatnya agar tetap pada performa terbaiknya. Dibanding mobil pribadi yang perlu perawatan oli berjangka, penggantian filter, dan tune-up rutin, sebuah laptop pribadi masih perlu perhatian yang lebih lagi agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Banyak sekali kemungkinan yang dapat menghambat kinerja laptop anda, untuk itu kami berikan beberapa trik yang dapat memaksimalkan kinerja laptop anda hingga ke performa terbaiknya.





Monitor performa Laptop
Ingin mengetahui apakah aplikasi yang anda jalankan menembus batas kemampuan laptop anda? Windows’ Performance Monitor (Control Panel -> Performance and Maintenance -> Administrative Tools -> Performance) dapat anda gunakan untuk me-monitor secara real time penggunaan CPU, memory, dan disk subsystems pada laptop anda. Dan apabila disitu terlihat aplikasi yang anda jalankan telah melewati batas performa laptop anda, ini saat yang tepat untuk melakukan upgrade.





Jaga agar startup-nya sederhana
Jika anda harus menunggu sampai ketiduran saat menunggu booting windows di laptop anda, ada baiknya anda mengurangi aplikasi-aplikasi tidak penting yang ada dalam daftarstartup laptop anda. Bisa dicoba untuk mengetikkan msconfig pada Start Run untuk melihat aplikasi apa sajakah yang running saat startup Windows. Anda cukup menghilangkan mark pada aplikasi yang ada pada list tersebut untuk me-nonaktif-kan aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting.



Namun cara ini masih kurang detil dan efektif, terlebih lagi proses Run pada msconfig akhir-akhir ini sudah dapat diserang malware. Sehingga mungkin saja bila laptop anda sedang terjangkit virus, anda tidak dapat melakukan proses diatas. Namun masih ada cara lain, anda bisa mencoba software VCOM Fix-It Utilities 7 Professional yang mempunyai Startup Commander utility dan full suite maintenance tools untuk mendiagnosa masalah-masalah pada laptop anda dan juga meningkatkan performanya.

Pemeliharaan Hardware
System Tool pada accessories dapat membantu anda untuk menjadwalkan maintenance hardisk seperti Disk Cleanup dan Disk Defragmenteruntuk tetap menjaga hardisk pada kondisi terbaik. Disk Cleanup bekerja dengan mencari temporary files dan file program yang sudah tidak pernah dipakai lagi dan kemudian melalui perintah anda, file-file yang sudah tidak terpakai tersebut akan di delete. Defragmenter dapat menjaga ke efektifan hardisk dengan menata kembali peletekkan file-file pada hardisk sehingga akses di dalamnya menjadi lebih lancar dan cepat.



Gunakan ReadyBoost
Termasuk dalam paket Vista terdapat Windows ReadyBoost, sebuah tehnik untuk meningkatkan performa dengan cara memakai memory dari USB flash drive untuk menambahkan memory yang sudah ada. Saat anda memasukkan flash drive dengan ReadyBoost di dalamnya, maka Vista akan menanyakan apakah anda akan menggunakan flash drive tersebut untuk menambah kecepatan pada sistem. Atau anda dapat mengaktifkan ReadyBoost dengan cara click kanan pada icon flash drive dan masuk ke properties, lalu lihat tab ReadyBoost untuk mengaktifkan flash drive sebagai memory tambahan. Ada juga beberapa USB flash drive yang dijual dengan sudah membekali ReadyBoost di dalamnya.



Ubah Lokasi Index
Search Engine pada Vista menggunakan sistem indexing service untuk mempercepat pencarian file saat digunakan, namun bila indexing service melacak ke lokasi yang terlalu banyak ini akan memperlambat performa laptop anda. Anda dapat membatasi indexing ke hanya satu lokasi saja, misal hanya pada Start Menu. Anda dapat merubahnya dengan masuk ke Control Panel dan buka icon Indexing Options. Konsekuensinya performa laptop akan meningkat namun fungsi search engine akan sedikit melambat



Singkirkan Spyware dan Pop-Ups
Pastikan laptop anda terbebas dari berbagai hal yang menggangu kinerja sistem seperti pop-up ads, spyware, dan berbagai malicious program lainnya yang akan menghambat performa laptop dan mengancam keamanan sistem dan data anda. Program-program gratis seperti Microsoft’s Windows Defender (termasuk dalam Vista), Lavasoft’s Ad-Aware atau Safer Networking’s Spybot Search & Destroy (www.safer-networking.org) mungkin dapat berperan banyak untuk membantu laptop anda terbebas dari hal-hal semacam itu, dan tentunya dengan real-time protection.



Update Driver Anda
Pergunakan fasilitas Windows Update untuk memastikan bahwa drivers dan software patch yang anda pakai adalah versi paling baru. Anda dapat dengan mudah melakukan penjadwalan rutin kapan Windows Update akan mendownload dan menginstal update terbaru dari driver dan software patch anda. Bisa juga anda melakukan update secara manual kapanpun anda mempunyai waktu. Secara default automatic update di set setiap pukul jam 3 dini hari, namun anda bisa dengan mudah merubah waktu dan frekuensi update dengan mengeklik icon Windows Update dan pilih Change Settings.



Hapus Program Yang Tidak Diperlukan
Baik Vista maupun XP dilengkapi dengan tool yang berguna untuk membersihkan sistem dari program-program yang akan menghambat performanya. Gunakan Programs and Features option pada Vista (Add/Remove Programs pada XP) untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh terhadap program-program tersebut dan anda akan mendapat imbalan sejumlah space kosong pada hardisk anda. Sebenarnya banyak aplikasi gratis lain yang dapat anda coba yang menawarkan jasa uninstall terhadap program-program di laptop anda, baik yang terdeteksi maupun yang masih tertinggal di registry.



Matikan fitur Vista Eye Candy
Windows Vista hadir dengan beberapa visual effects yang pada dasarnya memakan performa sistem anda, termasuk Aero Interface (Ini salah satu alasan mengapa saat memutar blu-ray film, Aero Interface secara otomatis di-nonaktif-kan). Masuk ke tab Control Panel Advanced dan turn off Windows Animation. Anda juga dapat melakukan hal yang serupa terhadap fitur Sidebar gadgets dengan meng-klik kanan pada icon sistem tray dan hilangkan check pada “Sidebar when Windows starts”. Atau dapat anda lakukan secara manual dengan meng-klik kanan pada sidebar dan pilih close



Optimasi CPU Anda
Ada banyak aplikasi yang dapat membantu anda meningkatkan performa pada laptop anda. Seperti SpeedUpMyPC 3, aplikasi yang cukup mudah digunakan, yang akan secara otomatis melakukan scan pada sistem untuk menentukan proses-proses apa saja yang bisa aplikasi ini lakukan untuk meningkatkan performa pada sistem. Termasuk disk defragger, memory-usage and CPU monitor and optimizer, dan file-cleanup tool. Aplikasi-aplikasi seperti ini wajib anda pergunakan agar laptop anda sampai pada puncak performanya.



Sumber : blog.anugrahpratama.com/trik-ampuh-meningkatkan-performa-laptop/

No comments: